Popularitas Konsep ‘Rumah Tumbuh’ Dalam Membangun Rumah

konsep rumah tumbuh

Akhir-akhir ini popularitas konsep ‘Rumah Tumbuh’ dalam membangun rumah sedang marak ditawarkan oleh para penggembang. Taukah Anda apa itu “rumah tumbuh”? Rumah tumbuh merupakan istilah yang dipakai saat sebuah bangunan ataupun rumah, proses pembangunannya dilakukan secara bertahap. Biasanya hal ini lebih sering dilakukan oleh kalangan professional muda dan keluarga muda yang baru menikah karena faktor minimnya dana yang dimiliki dan masih memiliki prospek jangka panjang ke depan untuk mengembangkan keuangan keluarganya. Oleh karenanya tak heran jikalau kurun waktu yang ditempuh untuk menerapkan konsep hunian ini terbilang lama dan itu tidak masalah, asal…… Disini lah kuncinya bagaimana sebuah konsep rumah tumbuh yang dijalankan akan berhasil. Kuncinya adalah dalam membangun rumah impiannya tadi, pasangan tersebut sudah memiliki gambar konsep desain yang baku dan tidak berubah-rubah lagi. Tentunya ini hanya bisa didapatkan dengan bantuan seorang arsitek.

cara membangun dengan konsep rumah tumbuh

Cara Membangun Dengan Konsep Rumah Tumbuh

Sebagaimana yang telah penulis terangkan diatas, konsep hunian ideal rumah tumbuh ini cocok diterapkan bagi keluarga baru yang ingin memiliki rumah sendiri namun terhalang oleh budget yang minim untuk melakukan pembangunan secara keseluruhan dalam satu waktu. Jikalau dilihat dari segi ukuran, konsep hunian ini umumnya tumbuh di luas tanah yang besar namun luas bangunan rumahnya terbilang kecil dengan pondasi yang kuat untuk menopang dua lantai. Dan pembangunannya dibagi dalam beberapa tahap, sesuai dengan dana yang dimiliki saat itu. Misalnya untuk pembangunan rumah tumbuh tahap pertama, yang dibangun dulu selain ruang tamu, ruang keluarga dan dapur, juga dua kamar tidur dan satu kamar mandi saja. Sedangkan untuk tambahan ruang ruang-ruang lainnya ataupun pembangunan lantai duanya, nantinya akan dilanjutkan lagi disaat dana sudah ada. Begitu seterusnya sampai rumah impian tersebut terbangun seratus persen.

Rumah tumbuh merupakan cara jitu membangun rumah dengan budget terbatas dan dilakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan saat itu.

Ketika proses pembangunan berlangsung, Anda tidak langsung menggunakan seluruh luas tanah yang dimiliki untuk dibangun rumah secara keseluruhan. Namun untuk merealisasikan konsep hunian ini biasanya menyisakan sedikit ruang untuk dikembangkan di masa mendatang sesuai kebutuhan sang pemilik. Nah, proses pembangunan secara bertahap yang berkembangkan tanpa ada batasan waktu sampai dimasa mendatang inilah yang membuat konsep ini disebut sebagai ‘Rumah Tumbuh’, baik di kalangan pasangan muda yang baru memiliki keluarga baru, di kalangan pengembang maupun di kalangan arsitek sendiri. Biasanya seiring tahapan-tahapan pembangunan yang dilakukan, kontruksi bangunan sudah mulai tertata rapi dan mulai nampak penambahan-penambahan di berbagai struktur bangunan sampai rumah tersebut berdiri sempurna.

tips membangun rumah tumbuh dengan bantuan arsitek

Meskipun proses pembangunan konsep hunian ‘Rumah Tumbuh’ ini terbilang sangat lama hingga bertahun-tahun. Namun tenang saja, melalui penerapan konsep ‘Rumah Tumbuh’ ini Anda akan mendapatkan rumah ideal sesuai dengan keinginan yang Anda dambakan sejak lama. Dan agar gambar desain rencana rumah tumbuh ini bisa didapatkan dengan baik, tentu dengan bantuan jasa arsitek.

Nah, itulah beberapa alasan yang berhasil penulis rangkum dari wawancara dengan beberapa arsitek, mengapa popularitas konsep ‘Rumah Tumbuh’ dalam membangun rumah sedang ngetrend di kalangan keluarga baru sekarang ini, terutama yang berada di kota-kota besar. Bagi Anda yang ingin memiliki rumah sendiri namun takut proyek akan berhenti ditengah jalan karena minimnya dana pembangunan yang dimiliki, sepertinya Anda harus menerapkan konsep pembangunan rumah tumbuh ini dan mengambilnya menjadi alternatif yang tepat.
Terima kasih kepada Konsultan Arsitek Online (www.ArsitekOnline.com) yang telah bersedia penulis wawancarai dan memberikan masukan-masukan seputar rumah tumbuh ini sehingga bisa penulis rangkum dalam artikel kali ini.
Semoga bermanfaat, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *