Tes Lensa Canon 85mm – EF 85mm f1,2L II USM

Tes Lensa Canon 85mm – EF 85mm f1,2L II USM

Canon tidak menawarkan lensa 85mm dengan aperture f1,4. Canon menghadirkan dua buah lensa dengan focal length 85mm tetapi masing-masing dengan bukaan f1,2 dan f1,8. Perbedaan aperture yang jauh ini memang ditujukan untuk segmentasi yang berbeda. Contohnya saja Canon 85mm EF 85mm f1,2L II USM yang memang ditujukan untuk para fotografer profesional. Salah satu alasan yang menjadikannya untuk para profesional adalah mampu memberikan bokeh yang indah dan sangat kuat. Saat kami menguji di lab, pada bukaan f1,2 terjadi vignetting sebanyak 0,4 stop pada tepian gambar.

Sumber : Akusaraprolight

Sementara itu, ketajaman pada tengah gambar terbilang cukup baik ketika menggunakan aperture maksimum. Varian kedua yakni Canon EF 85mm f1,8 USM juga memiliki kinerja yang hampir sama dengan Canon 85mm EF 85mm f1,2L II USM yang membuat kami cukup puas dengan apa yang dihasilkan. Tetapi ada hal yang tidak bisa dipungkiri bahwa aperture aperture f1,2 memang memberikan ketajaman superior. Canon EF 85mm f1,2L II USM dibekali dengan weather sealed, sehingga menjadikannya sebagai lensa para fotografer profesional. Canon EF 85mm f1,8L USM bisa menjadi alternatif bagi Anda yang menginginkan lensa potrait yang cukup baik. Kesimpulan aperture f1,2 ditujukan untuk para fotografer yang menginginkan bokeh ekstreme.

Lensa Nikon – AF-S Nikkor 85mm f1,4G

Nikon terdapat dua varian aperture untuk focal length 85mm, yakni Nikkor 85mm f1,4G dan Nikkor 85mm f1,8G. Keduanya merupakan lensa yang memiliki ketajaman tinggi. Walaupun aperture kedua lensa ini hanya berbeda sedikit, namun harga yang ditawarkan cukup terpaut jauh. Lalu apakah yang membuat perbedaan harga ini cukup mencolok jawaban yang paling rasional adalah segmentasi profesional dan juga amatir. Kinerja Nikkor 85mm f1,4G memang tinggi, terbukti dengan terdapat empat kategori penilaian yang mampu diraih dengan nilai 90. Ini sesuai dengan harga yang ditawarkan oleh Nikon yang memang tidak rendah.

Tidak hanya menghasilkan gambar yang tajama saja, ternyata chromatic aberration yang dihasilkan juga sangat minim sekali, hanya berkisar 0,5 pixel. Yang lebih mengejutkan kami lagi adalah, efek distorsi pada bukaan terlebar juga tidak menunjukan angka yang tinggi, bahkan hampir tidak ada sama sekali. Sementara itu, Nikkor 85mm f1,8G juga tidak kalah dengan Nikkor 85mm f1,4G yang memiliki kinerja sangat baik. Lensa ini lebih cocok untuk para fotografer yang masih pemula di dalam dunia fotografi. Meskipun begitu, performa yang dihasilkan lensa ini mampu menyaingi lensa profesional dengan harga yang lebih bersahabat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *