Cara Mudah dan Alami Mengatasi Rambut Kering

Cara Mudah dan Alami Mengatasi Rambut Kering

Memiliki rambut kering dengan gaya model rambut keriting telah pasti membuat tampilannya menjadi kurang menarik. Rambut yang kering serta cenderung rapuh dan sulit ditata. Nah, agar kelembapan dan keindahan rambut Anda dapat kembali, yuk simak berbagai cara mengatasi rambut kering yang sederhana tanpa perlu ke salon.

Selain terlihat kusam dan lepek, rambut kering serta rentan rontok dan ketombean. Tenang dulu. Sejumlah ramuan alami di bawah ini dapat membantu Anda mengatasi rambut kering dengan cepat. Apa saja itu?

Apa yang menjadi penyebab rambut kering?
Rambut lama kelamaan menjadi kering ketika batang rambut tidak dapat menyerap atau mempertahankan kelembapan alaminya, sehingga helai rambut menjadi rapuh dan bercabang.

Kondisi ini dapat disebabkan karena berbagai hal, di antaranya penyakit, kekurangan gizi, pakai produk rambut yang mengandung bahan aktif terlalu keras, berlebihan mencuci rambut, terlalu sering terkena air yang mengandung klorin, atau terlalu sering pakai peralatan styling rambut yang panas, seperti alat catok atau pengeriting rambut. Rambut kering dapat serta disebabkan oleh pewarnaan rambut yang terlalu sering.

Bermasalah dengan rambut yang kering? Tak usah khawatir, yuk coba cara-cara alami berikut untuk mengembalikan kelembapannya.

1. Pakai masker rambut

Telah pernah mencoba masker rambut? Jika belum, nampaknya Anda perlu mulai mencobanya. Pasalnya, masker dapat membantu mengembalikan kelembapan rambut. Dikutip dari Livestrong, campuran yoghurt dan minyak zaitun dapat membantu memperbaiki rambut yang kering, rapuh, dan serta rusak.

Cara membuatnya sangat sederhana, Anda hanya perlu mencampurkan half of cangkir yoghurt tawar dan 2 sendok makan minyak zaitun. Aduk campuran hingga rata sebelum mengoleskannya ke tiap helaian rambut Anda.

Sebelum mengoleskannya, basahi rambut terlebih dahulu agar campuran ini dapat meresap dengan sempurna. Setelah itu, tutup rambut yang telah dimasker dengan handuk hangat atau topi mandi. Kemudian, diamkan selama 15 hingga 20 menit sebelum Anda membilasnya dengan air hangat.

Untuk hasil yang lebih maksimal, ulangi sebanyak dua hingga tiga kali seminggu. Anda serta dapat mengkreasikan masker dengan bahan lain seperti mencampurkan alpukat, madu, dan minyak zaitun.

2. Mengonsumsi omega Three dan antioksidan

Omega Three membantu mengembalikan kilau alami rambut yang hilang akibat terlalu kering. Sementara antioksidan membantu melawan stres oksidatif yang membuat rambut tampak lebih kusam. Untuk itu, agar mendapatkan kombinasi manfaat dari keduanya Anda dapat mengonsumsi berbagai makanan yang kaya akan kedua zat tersebut.

Omega Three dapat didapatkan dari ikan kembung, sarden, tuna, dan serta salmon. Sementara antioksidan dapat didapat dari kacang merah, brokoli, tomat, dan kacang kenari.

3. Mengoleskan minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan pelembap alami yang mampu mengisi celah di tiap helai rambut saat mengalami kerusakan akibat matahari yang menyebabkan kekeringan. Sebuah penelitian di tahun 2005 menunjukkan fakta bahwa minyak kelapa sangat bagus untuk menembus serat-serat rambut.

Dengan begitu, minyak yang satu ini mampu menghaluskan kembali helaian rambut yang telah kering. Anda dapat merawat rambut dengan mengoleskan minyak kelapa hangat ke rambut per minggunya.

Oleskan minyak kelapa pada rambut dari mulai akar hingga ujung. Kemudian pijat kepala secara perlahan agar minyak lebih meresap ke dalam helai rambut dan kulit kepala. Setelah itu, diamkan selama 20 menit sebelum dibilas dengan air bersih dan sampo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *