10 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh SEO Pemula

10 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh SEO Pemula

Jika kita adalah seorang blogger atau kita adalah orang yang baru saja dan ingin sekali menekuni dunia situs atau juga blog dengan begitu banyak  tujuan, mulai dari berbagi informasi, mengiklankan sebuah barang atau jasa atau sebagai media untuk mendapatkan pendapatan dari situs atau blog yang sudah Anda buat. Maka usahakan Anda memahami terlebih dahulu tentang SEO dan menerapkannya.

SEO adalah  singkatan dari Search Engine Optimization atau Optimasi Mesin Pencari. SEO adalah cara yang perlu dikuasai oleh seorang blogger atau marketing digital untuk mendapatkan peringkat yang baik untuk website yang sedang kita kelola di mesin pencari.

Karena itu, penerapannya yang baik akan sangat dominan dengan sukses tidaknya sebuah website atau blog. Sebab, dengan penerapan yang baik, maka akan memberikan penghasilan yang banyak dikarenakan peringkat yang baik pada search engine sehingga membuat pengunjung situs menjadi semakin banyak.

Sebagai pemula, kita perlu menyimak caranya dengan benar dan tepat, sebab kekeliruan dalam SEO biasanya terjadi dan dirasakan oleh semua pemula. Lalu apa saja kesalahan yang sering dilakukan oleh SEO pemula? Berikut ini adalah beberapa kekeliruan yang biasanya dilakukan, antara lain yaitu:

  1. Tidak belajar dari basic atau tahap awal

Jika ingin belajar tentang SEO, usahakan kita mulai dari tahap dasar terlebih dahulu. Jangan pernah mengkhususkan hal yang instan dalam belajar SEO, karena SEO memerlukan kesabaran dan kecermatan untuk mempelajarinya.

Hal ini sangatlah penting dalam memahami arti SEO sebenarnya serta tujuan pemakaiannya. Karena itu, untuk orang-orang yang tidak mempelajari SEO dari dasarnya, maka dirinya akan memakai teknik SEO dengan tidak jelas sehingga memunculkan kebingungan. Karena itu, Anda perlu belajar pola kerja SEO serta penerapannya, sehingga seiring berjalannya waktu Anda akan semakin mahir dalam menggunakannya.

2. Riset Keyword biasanya dilupakan

Tidak mengerjakan riset kata kunci adalah hal yang biasanya dilupakan oleh semua pemula saat melakukan blogging. Karena itu, tidak heran jika blog atau situs yang Anda buat sepi pengunjung walaupun blog Anda sedang di posisi teratas mesin pencari. Hal ini disebabkan Anda tidak mengerjakan riset kata kunci dengan tepat.

3. Konten yang diciptakan tidak cocok target (asal-asalan)

Dalam pembuatan konten website, usahakan tidak dibuat dengan sembarangan, karena lebih baik dengan menyimak dan menilai target pengunjung situs Anda. Di samping itu, jangan hanya mengandalkan pemilihan yang tepat saja, Anda juga harus membuat konten-konten berbobot atau berkualitas dan digemari oleh Google.

Selain digemari Google, konten yang kita buat juga usahakan digemari oleh semua pengunjung situs Anda. Sebab, jika para pengunjung menyukai konten yang kita buat, maka secara otomatis traffic mereka akan menambah Traffic dan SEO Anda.

4. Google Webmaster Tools tidak digunakan

Untuk kebutuhan SEO, Google sudah menyediakan beberapa toolsnya. Salah satu yang harus digunakan adalah Google Webmaster Tools.

Tools ini bermanfaat untuk melihat performa blog atau situs yang kita kelola pada mesin pencari. Di samping itu, Anda juga bisa memeriksa backlink, keyword populer, jumlah index halaman, serta begitu banyak  macam error yang ada pada situs atau blog Anda.

5. Judul dan Meta Tag Deskripsi tidak dimaksimalkan

Kebanyakan semua SEO pemula hanya memikirkan bagaimana supaya peringkat situs Anda naik peringkat di search engine Google tanpa sekalipun melihat tampilan blog atau situs tersebut.

Karena itu, judul serta pemaparan website buatlah supaya menarik perhatian pengunjung untuk mengkliknya sehingga menambah jumlah trafik ke situs Anda.

6. Terlalu berfokus pada kata kunci density

Usahakan menulis tulisan atau artikel pada situs Anda secara natural, tidak boleh terlalu memikirkan mengenai kata kunci density. Yang penting adalah keyword target Anda hadir di dalam artikel tersebut, baik itu di Judul, paragraph awal atau akhir.

7. Bold, Italic dan Underline dipakai secara berlebihan

Kesalahan lain yang biasanya dilakukan adalah menggunakan Bold, Italic dan Underline secara berlebihan. Padahal metode seperti ini telah tidak efektif lagi dalam menambah peringkat situs atau blog Anda, mungkin akan mengganggu kenyamanan pengunjung situs Anda.

8. Kecepatan Loading Blog tidak diperhatikan

Seorang mesin pencari optimization pemula biasanya tidak melihat kecepatan loading blog atau situs yang dikelolanya. Padahal, Google sangat melihat kecepatan suatu blog atau situs itu supaya para pemakai Google mendapatkan empiris terbaiknya.

Karena itu, buatlah blog atau situs Anda menjadi mudah untuk diakses dengan loading yang cepat. Sebab, situs yang loadingnya cepat, besar bisa jadi akan mempunyai peluang untuk ada di posisi teratas mesin pencari.

9. Desain tidak Mobile-Friendly

Desain yang mobile-Friendly saat ini sudah dijadikan oleh Google sebagai hal yang paling perlu untuk diperhatikan dalam membuat atau membina suatu website. Sebab, Google sadar bahwa dengan semakin berkembangnya teknologi dan zaman, maka akan lebih banyak orang yang mengakses segala hal di internet melalui perangkat mobile ketimbang desktop.

10. Hanya mengandalkan SEO

Bagi semua SEO pemula, kekeliruan yang sangat sering dan paling fatal adalah hanya bertumpu pada SEO untuk menyebabkan pengunjung websitenya. Apalagi jika website atau blog yang kita kelola adalah website yang baru berumur 6 bulan atau 1 tahun. Sebaiknya pakai media sosial atau Blogwalking atau juga Social Bookmarking sebagai pendukung.

Sumber : SEO Agency Help You Increase Business

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *