Cara Mengganti Baterai Jam Tangan Analog Dengan Aman

Jam tangan sekarang sudah memiliki banyak jenis dan variasinya yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman dan teknologi terkini. Berbagai jenis jam tangan bisa ditemukan di pasaran mulai dari jam tangan analog, digital, hingga yang menggabungkan antara keduanya. Disamping itu, ada banyak perusahaan jam tangan seperti jam tangan Casio, Seiko, Orient, hingga Citizen yang memiliki ciri khasnya masing-masing.

Dari beragam jenis dan tipe jam tangan, jenis jam tangan analog adalah salah satu jenis jam tangan yang tertua. Jenis jam tangan analog masih cukup banyak digunakan hingga saat ini dan tergolong cukup awet serta fashionable. Selain itu, jam tangan analog juga cukup mudah perawatannya karena tampilannya lebih simpel dibandingkan jam tangan digital atau hybrid.

Sebagian orang yang terbiasa menggunakan jam tangan biasanya akan merasa tidak nyaman jika jam tangan mereka tiba-tiba mati. Cara termudah untuk mengatasi hal tersebut tentunya adalah membawanya ke tempat servis untuk mengganti baterai jam tangan dengan yang baru. Namun, bagi sebagian orang yang tidak sempat untuk melakukannya, bisa mengganti baterai jam tangan secara otodidak di rumah.

Berikut adalah langkah-langkah atau cara untuk mengganti baterai jam tangan analog dengan aman:

Belilah jenis baterai yang sesuai

Pertama-tama yang harus dilakukan sebelum memulai mengganti baterai adalah pastikan jenis baterai yang cocok dengan jam tangan. Ketika sudah diketahui jenis baterai pada jam tangan, maka belilah jenis baterai yang pas dan sesuai dengan baterai yang lama. Saat membeli baterai, hal tersebut dilakukan agar mengetahui jenis baterai apa yang cocok dan agar bisa digunakan pada jam tangan.

Lepaskan bagian strap jam tangan

Kedua, setelah membeli baterai yang sesuai dengan jenis baterai yang lama, maka selanjutnya adalah melepas strap pada jam tangan. Tujuan melepas strap yang ada pada jam tangan sendiri adalah untuk memudahkan ketika akan mulai melepas bagian alas jam tangan. Lepaskanlah kedua bagian strap jam tangan dan simpan di tempat lain sebelum memulai langkah selanjutnya.

Lepaslah bagian alas jam tangan

Ketiga, untuk mengganti baterai jam tangan analog, maka selanjutnya adalah membuka cover bagian belakang atau alas jam tangan. Beberapa jam tangan memiliki cover yang bisa dibuka dengan mencongkel pada bagian tepinya dengan menggunakan pembuka casing. Sementara jam tangan lainnya harus dibuka dengan menggunakan obeng kecil karena adanya sekrup sebagai pengunci covernya.

Temukan baterai di dalam jam tangan

Keempat, setelah melepas bagian cover belakang jam tangan, maka lepaskan gasket yang ada di bawah cover dengan hati-hati. Lalu, setelah itu temukan letak baterai jam tangan yang sudah habis dayanya dan harus segera diganti dengan baterai baru. Baterai jam tangan terbuat dari bahan logam dan berbentuk bulat seperti tablet obat serta disertai dengan penutup atau sekrup.

Lepas dan ganti dengan baterai yang baru

Kelima, setelah berhasil menemukan posisi baterai pada jam tangan, maka lepaskanlah baterai pada jam tangan tersebut. Saat melepas baterai, lepas dahulu bagian penutup dan sekrup yang mengunci baterai kemudian congkel baterai menggunakan pinset dari plastik. Kemudian setelah selesai diambil, gantilah dengan baterai baru dan pasang kembali penutupnya dengan sangat hati-hati.

Cek jam tangan dan pasang kembali seperti semula

Terakhir, setelah baterai diganti, lihatlah pergerakan jam tangan analog jika sudah bergerak atur lagi waktunya sesuai waktu saat itu. Lalu setelah itu, pasang kembali gasket, penutup cover belakang jam tangan, sekrup, dan strap jam tangan seperti semula. Maka jam tangan analog sudah bisa digunakan lagi dan berfungsi seperti seharusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *