Cara Menghilangkan Karat Pada Jam Tangan Wanita Dengan Menggunakan Cuka

Bagi kaum hawa, jam tangan sendiri juga dianggap sebagai salah satu jenis perhiasan atau aksesoris utama yang bisa dipakai. Melihat hal tersebut, banyak perusahaan jam tangan yang membuat berbagai jenis jam tangan yang dikhususkan untuk wanita. Beragam merk jam tangan untuk wanita seperti jam tangan wanita Casio, Rolex, Hublot, dan lainnya menjadi merk yang terkenal yang banyak diminati.

Beberapa jenis jam tangan wanita biasanya terbuat dari bahan logam terutama di bagian permukaan dan strap jam tangan. Sebagaimana yang diketahui, bahan logam merupakan salah satu bahan yang bersifat korosif dan mudah berkarat dalam keadaan tertentu. Sehingga, jika jam tangan tiba-tiba berkarat, tentunya akan mengganggu penampilan pemakainya terutama bagi para pengguna jam tangan wanita.

Karat pada jam tangan bisa timbul karena berbagai hal seperti keringat, air hujan, sabun, atau semprotan parfum. Walaupun begitu, usia pemakaian jam tangan juga bisa menimbulkan noda karat pada bagian-bagian jam tangan. Jika muncul noda karat pada jam tangan, bisa dihilangkan dengan menggunakan cuka dengan cara berikut:

Siapkan alat dan bahan yang diperlukan

Pertama, sebelum memulai untuk menghilangkan noda apel pada jam tangan, siapkan terlebih dahulu alat dan bahan pembersih. Alat dan bahan yang diperlukan untuk membersihkan noda karat pada jam tangan adalah wadah, cuka apel, air, dan sabut aluminium. Siapkanlah semua alat dan bahan yang diperlukan sebelum memulai membersihkan noda karat pada jam tangan.

Lepaskan strap jam tangan jika noda karat ada disana

Kedua, perhatikan dimana letak noda karat ada di bagian strap jam tangan, maka lepaskanlah strap jam tangan. Lepas strap jam tangan dari bagian penunjuk waktu jam tangan dengan menggunakan obeng untuk membuka bautnya dengan hati-hati. Sementara untuk jenis jam tangan yang tahan air atau water resistant, tidak perlu melepas bagian strap jam tangannya.

Siapkan larutan cuka dalam wadah

Ketiga, siapkan larutan cuka di dalam wadah yang berukuran sesuai dengan ukuran strap jam tangan yang akan dibersihkan. Untuk jenis cuka yang digunakan sebaiknya gunakan jenis cuka apel yang memiliki sifat zat yang lebih ringan. Isilah cuka ke dalam wadah sesuai dengan ukuran wadah agar semua bagian strap jam tangan nantinya bisa terendam.

Rendam jam tangan ke dalam cuka

Keempat, setelah cuka apel dituangkan dalam wadah, selanjutnya adalah rendam strap jam tangan yang terdapat noda karat ke dalam wadah. Untuk jenis jam tangan water resistant atau tahan air, rendam saja seluruh bagian jam tangan di wadah tersebut. Rendamlah strap jam tangan tersebut hingga seluruh bagian jam tangan terendam dan biarkan tetap disana selama semalaman.

Bersihkan bagian berkarat dengan sabut alumunium

Kelima, setelah dibiarkan selama semalaman, lihat terlebih dahulu apakah noda karat sudah mulai mengelupas atau belum. Jika belum, rendam sedikit lebih lama lagi baru kemudian angkat dan bersihkan bagian tersebut dengan menggunakan sabut aluminium. Gosokkan sabut alumunium pada bagian jam tangan yang berkarat dengan sedikit pelan agar tidak merusak bagian lainnya.

Keringkan hingga benar-benar kering

Terakhir, setelah dibersihkan dengan sabut alumunium, bersihkan strap atau jam tangan dengan kain bersih serta keringkan jam tangan. Lap semua bagian strap dan jam tangan hingga benar-benar bersih dan kering dengan menggunakan kain yang bersih tersebut. Pasang kembali strap dengan bagian utama jam tangan dan jam tangan sudah bisa digunakan kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *