Cara Merawat dan Menjaga Jam Tangan Otomatis Agar Tetap Awet

Jam tangan otomatis atau dikenal dengan jam tangan mekanik merupakan salah satu jenis jam tangan yang ada saat ini. Jenis jam tangan otomatis merupakan jenis jam tangan paling awal dibuat dan masih ada hingga sekarang. Berdasarkan sejarahnya, jam tangan otomatis menggunakan penggerak mekanik manual dan dibuat pada abad ke 16 Masehi.

Sekarang jam tangan otomatis banyak dijual di pasaran dan merupakan salah satu jenis jam tangan mewah. Berbagai merk jam tangan seperti jam tangan Casio, Rolex, Hublot, dan lainnya memiliki jenis jam tangan ini dalam koleksinya. Bahkan beberapa merk tersebut ada yang merilis jenis jam tangan ini sebagai seri khusus kolektor dengan jumlah yang sangat terbatas.

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, jam tangan otomatis tidak menggunakan baterai untuk penggeraknya melainkan menggunakan penggerak mekanik manual. Untuk itu, jam tangan ini perlu disimpan dan dirawat secara khusus agar jam tangan otomatis lebih awet. Berikut ini adalah tips atau cara untuk merawat jam tangan otomatis agar lebih awet dan tidak mudah rusak:

Jauhkan dari magnet

Hal pertama yang harus diperhatikan saat menggunakan maupun menyimpan jam tangan otomatis adalah jauhkan dari magnet. Di dalam jam tangan otomatis, terdapat komponen bernama hairspring yang berfungsi untuk mengatur waktu jam tangan secara otomatis. Jika komponen tersebut didekatkan pada magnet, maka kumparan di dalam hairspring akan kacau dan membuat jarum jam berputar terlalu cepat.

Hindarkan dari air

Kedua, usahakan untuk menghindarkan jam tangan dari air walaupun jam tangan tersebut memang jenis jam tangan otomatis yang anti air. Kebanyakan jam tangan biasanya tahan dalam air hingga kedalaman tertentu sehingga saat jam tangan tenggelam di air, tidak akan rusak. Namun, jika jam tangan otomatis terkena secara reguler bisa membuat fungsi jam tangan menurun sehingga sebaiknya hindari saja terkena air..

Periksa suhu jam tangan

Ketiga, jam tangan otomatis bisa saja terpengaruh suhu baik itu suhu yang sangat panas maupun suhu yang dingin. Kondisi tersebut, suhu yang sangat panas atau suhu yang sangat dingin, bisa membuat ketepatan waktu pada jam tangan menjadi berkurang. Walaupun begitu, kebanyakan jam tangan cukup tahan pada perubahan suhu, namun tetap perlu berhati-hati jika berada pada suhu tertentu.

Bersihkan jam tangan setiap sebulan sekali

Keempat, selalu rutin bersihkan jam tangan otomatis setiap jangka waktu sebulan sekali terutama jika jam tangan sering dipakai. Saat jam tangan sering dipakai, debu dan kotoran lainnya bisa menempel pada jam tangan otomatis dan perlu dibersihkan. Gunakan kain atau sikat halus untuk membersihkannya secara menyeluruh termasuk di bagian-bagian seperti sela-sela ruas strap jam tangan dan sudutnya.

Periksa segel anti air setiap setahun sekali

Keempat, yang juga perlu dilakukan untuk merawat jenis jam tangan otomatis adalah selalu periksa segel anti airnya. Segel anti air pada jam tangan otomatis biasanya akan longgar secara berkala ketika dipakai secara terus menerus. Periksalah segel anti air di semua bagiannya dan sebaiknya segera bawa ke tempat servis jam tangan jika ada kerusakan.

Bawa ke tempat servis secara rutin

Kelima, jam tangan otomatis merupakan jenis barang yang memerlukan perawatan khusus secara rutin agar tetap awet. Komponen di dalam jam tangan secara rutin perlu dilumasi agar tidak tersumbat dan agar roda giginya tidak menjadi aus. Karenanya, jam tangan harus dibawa ke tempat servis secara rutin setiap lima tahun sekali agar umur jam tetap panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *